Ini Profil Pesantren di Cirebon yang Akan dikunjungi Sandiaga Uno - Mahasiswa Asysyahadatain

Terbaru

Kamis, 28 Februari 2019

Ini Profil Pesantren di Cirebon yang Akan dikunjungi Sandiaga Uno

Cirebon, 01/03 : Calon Wakil Presiden RI yang diusung Partai Gerindra, mewakili Prabowo Subianto, Sandiaga Salahudin Uno dikabarkan akan melakukan beberapa rangkaian kunjungan diwilayah Cirebon, Jawa Barat. Dalam kunjungan tersebut, Sandiaga Uno diagendakan mengunjungi Pondok Pesantren Nurul Huda, Munjul, Astanajapura, Cirebon.

Suasana Tawasul Akbar di Pondok Pesantren Nurul Huda 

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Relawan Bro Sandi Cirebon, Abdul Hakim Maula, kepada penulis, pria yang akrab disapa Kang Aim menjelaskan, Sandiaga Uno akan melakukan sholat berjamaah, ziarah dan konsolidasi bersama relawan diwilayah setempat.

"Insha Allah, jam 5 sore sudah sampai dipesantren kami," ungkapnya.

Ditanya mengenai profil pesantren, Kang Aim menuturkan, Pondok Pesantren Nurul Huda munjul merupakan salah satu pesantren tua di Jawa Barat, didirikan oleh KH Tubagus Lebu Abdullah pada kisaran tahun 1750 - an. Selain itu, Pondok Pesantren Nurul Huda memiliki jalur silsilah kekerabatan dengan Pondok Buntet Pesantren dan Gedongan Cirebon.

"Meski demikian, pendidikan lembaga formal baru ada kisaran tahun 1980 - an. Saat ini Pesantren miliki dua ribuan santri, dengan puluhan asrama yang dibina oleh keluarga besar." tambah Kang Aim.

Abdul Hakim menambahkan, Pondok Pesantren Nurul Huda secara organisasi tidak berafilisasi pada Nahdlatul Ulama, meski sama - sama Ahlusunnah Waljamaah, Pondok Pesantren Nurul Huda menginduk kepada organisasi Jamaah Asysyahadatain yang didirikan oleh Habib Umar Bin Ismail Bin Yahya. 

Terpisah, Pengurus Pondok Pesantren Nurul Huda, Ust Agus Salim mengkonfirmasi beberapa kegiatan yang dilakukan pihak pesantren dalam menyambut Sandiaga Uno.

"Kami menggelar kerja bakti dan menyiapkan tim hadroh untuk menyambut," ungkapnya. (fin)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar